Silabus Smk Ap Pengantar Akuntansi K13

Sergur.id - Apa kabar rekan guru guru pelaksana Kurikulum 2013 revisi terbaru, Menjelang tahun pelajaran 2018/2019 semester 1 ini berikut kami share mngenai SILABUS Sekolah Menengah kejuruan AP PENGANTAR AKUNTANSI K13

SILABUS MATA PELAJARAN: PENGANTAR AKUNTANSI


Satuan Pendidikan         : SMK
Kelas /Semester            : X / I & II
Kompetensi Inti:
 KI  1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2: Menghayati dan mengamalkan sikap perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan mengambarkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan rasa prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4: mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.3.      Menyadari bahwa Tuhan YME memerintahkan kepada insan untuk  mencatat setiap acara ekonomi supaya terjadi keakuratan, ketertiban, doktrin terhadap hasil yang diperoleh
Pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi

Mengamati
·   mempelajari buku teks maupun sumber lain wacana pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi
·   diskusi kelas
·   diskusi kelompok

Menanya
·   berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi dalam perusahaan

Mengeskplorasi
mengumpulkan data dan informasi wacana pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi dalam perusahaan

Asosiasi
·   menguraikan  kembali informasi yang diperoleh wacana pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi dalam perusahaan
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·   mejelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk goresan pena wacana pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi dalam perusahaan

Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   Merangkum hasil diskusi secara kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelas dan kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp


































2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi

3.1.  Menjelaskan pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi

4.1    Menguraikan kembali pengertian, tujuan dan kiprah akuntansi

1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
Mengamati
·      Diberikan ilustrasi/tayangan/gambar dari suatu acara bisnis perusahaan
·      mempelajari aneka macam sumber wacana pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·      diskusi kelas
·      diskusi kelompok

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan aneka macam informasi wacana pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi

Asosiasi
·   menguraikan kembali deskripsi  pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·   menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dalam bentuk goresan pena wacana pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi

Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   Merangkum hasil diskusi secara kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok

Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp


















2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi

3.1.  Menjelaskan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi


4.1    Menguraikan kembali pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi











1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Menjelaskan profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi
·   Profesi
·   Jabatan
·   Bidang spesialisasi

Mengamati
·      Diberikan gambaran / tayangan / gambar wacana profesi, jabatan dan bidang spesialisasi dalam akuntansi
·       mempelajari aneka macam sumber bacaan wacana profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan aneka macam informasi wacana profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Asosiasi
·      menguraikan kembali informasi yang diperoleh wacana profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·   menjelaskan / mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk goresan pena wacana profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Tugas
·   mencari tulisan/beritaterkait profesi, jabatan dan spesialisasi akuntansi kemudian didiskusikan
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi secara kelompok

Observasi
·     Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelas dan kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp























2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi

3.1.  Menjelaskan profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi


4.1.  Menguraikan kembali profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi


1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Jenis dan bentuk tubuh usaha

Mengamati
·   Diberikan ilustrasi/ tayangan/ gambar wacana jenis dan bentuk tubuh usaha
·   mempelajari aneka macam sumber bacaan wacana jenis dan bentuk tubuh usaha
·   diskusi kelas wacana ilustrasi/ tayangan/gambar
·   diskusi kelompok membahas ilustrasi/ tayangan/ gambar

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana jenis dan bentuk tubuh usaha

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan aneka macam informasi wacana jenis dan bentuk tubuh usaha

Asosiasi
·   menguraikan kembali informasi yang diperoleh wacana jenis dan bentuk tubuh usaha
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk goresan pena wacana jenis dan bentuk tubuh usaha
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   merangkum hasil diskusi kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelas dan kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp

















2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi
3.1.  Menjelaskan jenis dan bentuk tubuh usaha

4.1.  Menjelaskan jenis dan bentuk tubuh usaha

1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
Mengamati
·      mempelajari aneka macam sumber bacaan wacana prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·      diskusi kelas
·      diskusi kelompok

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan aneka macam informasi wacana prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi

Asosiasi
·      menguraikan kembali informasi yang diperoleh wacana prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/ mempresentasikan hasil diskusi dalam bentuk goresan pena wacana prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
Tugas
·   Diskusi kelompok
·   Membuat notula
·   Merangkum hasil diskusi kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelas dan kelompok


Portofolio
·     Laporan tertulis kelompok
Tes
·     Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp














































2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi
3.1    Menjelaskan prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
4.2.  Menguraikan kembali prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Tahap-tahap proses pencatatan transaksi
·  Pencatatan transaksi dalam dokumen
·  Dokumen transaksi dicatat dalam jurnal
·  Posting dari jurnal ke buku besar
·  Menyusun neraca saldo
·  Menyusun laporan keuangan

Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan dari suatu acara dokumentasi bisnis perusahaan
·      mempelajari aneka macam sumber bacaan wacana tahap-tahap proses pencatatan transaksi
·      diskusi kelas terkait derma studi kasus
·      diskusi kelompok untuk menuntaskan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana tahap-tahap proses pencatatan transaksi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan aneka macam informasi wacana tahap-tahap proses pencatatan transaksi

Asosiasi
·      menguraikan kembali  informasi yang diperoleh wacana tahap-tahap proses pencatatan
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk goresan pena wacana tahap-tahap proses pencatatan

Tugas
·   mencari pola acara bisnis perusahaan dan membuat penjelasannya
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi kelompok

Observasi
Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelas dan kelompok
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
4 Jp

















2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi
3.1.  Menjelaskan tahap-tahap proses pencatatan transaksi
4.1.  Menguraikan kembali tahap-tahap proses pencatatan transaksi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Transaksi bisnis perusahaan
·   Pengertian  transaksi bisnis
·   Kelompok transaksi bisnis
·   Jenis transaksi bisnis
·   Pengaruh transaksi bisnis pada proses pencatatan
Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan dari suatu acara transaksi bisnis perusahaan
·      membaca buku teks maupun sumber lain wacana transaksi bisnis perusahaan
·      diskusi kelas terkait ilustrasi/tayangan
·      diskusi kelompok untuk menuntaskan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana transaksi bisnis perusahaan

Mengeskplorasi
·   mengumpulkan aneka macam informasi wacana transaksi bisnis perusahaan

Asosiasi
·      menguraikan kembali deskripsi transaksi bisnis perusahaan
·      Menyimpulkan dari bahan keseluruhan

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk goresan pena wacana transaksi bisnis perusahaan
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi
·   studi kasus individu

Observasi
·   Cek list  lembar pengamatan acara diskusi kelompok
·   Cek list lembar pengamatan kiprah individu

Portofolio
·     Laporan tertulis kelompok
·     Laporan tertulis individu

Tes
·     Tes tertulis  uraian dan/atau pilihan ganda
8 Jp


























































2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi
3.1.  Menjelaskan transaksi bisnis perusahaan
4.1.  Menguraikan kembali transaksi bisnis perusahaan
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Persamaan dasar akuntansi
·   Pengertian  persamaan dasar akuntansi
·   Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi
·   Bentuk persamaan dasar akuntansi
·   Fungsi persamaan dasar akuntansi
·   Analisis imbas transaksi ke persamaan dasar akuntansi
·   Teknik mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
·   Menyusun persamaan dasar akuntansi
Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan dari suatu acara transaksi bisnis perusahaan
·      mempelajari sumber bacaan lain wacana persamaan dasar akuntansi
·      diskusi kelas terkait ilustrasi/tayangan
·      diskusi kelompok untuk menuntaskan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana persamaan dasar akuntansi

Mengeskplorasi
·   mengumpulkan aneka macam informasi wacana persamaan dasar akuntansi

Asosiasi
·      menguraikan kembali deskripsi persamaan dasar akuntansi
·      Menyimpulkan dari bahan keseluruhan

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk goresan pena wacana persamaan dasar akuntansi
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi
·   studi kasus individu

Observasi
·   Cek list  lembar pengamatan acara diskusi kelompok
·   Cek list lembar pengamatan kiprah individu

Portofolio
·     Laporan tertulis kelompok
·     Laporan tertulis individu

Tes
·     Tes tertulis  uraian dan/atau pilihan ganda

16 Jp


























































2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi
3.1.  Menjelaskan persamaan dasar akuntansi
4.1.  Menyusun persamaan dasar akuntansi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Mencatat transaksi dalam akun
·   Analisis transaksi
·   Analisis akun
·   Analisis imbas transaksi terhadap akun
·   Membuat pencatatan transaksi ke dalam akun
Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan/gambar dari suatu acara pencatatan transaksi dalam akun
·      mempelajari buku teks maupun sumber lain wacana pencatatan transaksi
·      diskusi kelas terkait derma studi kasus
·      diskusi kelompok untuk menuntaskan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana pencatatan transaksi dalam akun

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan aneka macam informasi wacana pencatatan transaksi dalam akun

Asosiasi
·      menguraikan kembali informasi yang diperoleh wacana pencatatan transaksi dalam akun
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama diskusi
·      menjelaskan / mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk goresan pena wacana pencatatan transaksi dalam akun
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   merangkumhasil diskusi
·   studi kasus individu

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelompok
·   cek list lembar pengamatan kiprah individu

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
·   Laporan tertulis individu
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda


24 Jp

















2.3.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.4.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi
3.1.  Menjelaskan persamaan dasar akuntansi
4.1.  Menerapkan persamaan dasar akuntansi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang membuat pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan aneka macam keterampilan dalam akuntansi
Laporan keuangan
·      Pengertian laporan keuangan
·      Fungsi laporan keuangan
·      Jenis laporan keuangan
·      Bentuk laporan keuangan
·      Cara menyusun laporan keuangan
·      Menyusun laporan keuangan
Mengamati
·   Diberikan ilustrasi/tayangan/gambar wacana laporan keuangan dari beberapa perusahaan
·   Mempelajari aneka macam sumber bacaan terkait bahan laporan keuangan
·   Diskusi kelas dari sebuah studi kasus
·   Diskusi kelompok untuk menuntaskan studi kasus
·   Mengerjakan kiprah individu

Menanya
·   berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana laporan keuangan

Mengeskplorasi
·   mengumpulkan aneka macam informasi wacana laporan keuangan

Asosiasi
·   menguraikan kembali informasi yang diperoleh wacana laporan keuangan
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi
·   menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh wacana laporan keuangan

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama diskusi
·   menjelaskan / mempresentasikan hasil diskusi/praktek dalam bentuk tulisan

Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   merangkum hasil diskusi
·   studi kasus kelompok
·   tugas individu

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan acara diskusi kelompok
·   Cek list lembar pengamatantugas individu

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
·   Laporan tertulis individu

Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan atau studi kasus

14 Jp

















2.1.  Menunjukkan sikap ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melaksanakan acara akuntansi
3.1.  Menjelaskan cara menyusun laporan keuangan
4.1.  Menyusun laporan keuangan




Demikian artikel sergur.id terkait dengan SILABUS Sekolah Menengah kejuruan AP PENGANTAR AKUNTANSI K13 revisi terbaru






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demi Anak Sekolah, Kapolres Konawe Selatan Hibahkan Bus

Inilah Sosok Kapolres Konawe Selatan Yang Peduli Sosial Dan Pendidikan

Tiga Pilar Kecamatan Gropet Bersinergitas Sukseskan Jumat Sehat