Perbatasan Ri-Malaysia Ditanami Mangrove

MITRAPOL.com - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar program puncak Sosialisasi Layanan Publik dan Pelestarian Lingkungan melalui penyuluhan masyarakat dan penanaman mangrove di pesisir perairan perbatasan RI-Malaysia, tepatnya di Pantai Desa Bukit Aru Indah, Kec. Sebatik Timur, Kab. Nunukan, Prov. Kalimantan Utara, Rabu (1/8/2018).



Acara diawali dengan sambutan Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI, sekaligus selaku nara sumber dalam sosialisasi layanan publik Bakamla RI, menyatakan niat Bakamla RI untuk mengajak masyarakat Pulau Sebatik memperhatikan lingkungan maritim dan sekitarnya. Dikatakannya pula, Bakamla RI sebagai forum negara Non Kementerian yang berada pribadi dibawah Presiden bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan maritim dan perairan NKRI.

Penanaman mangrove ini, ujarnya, merupakan wujud kepedulian Bakamla RI untuk menjaga garis pantai Indonesia dari erosi atau pengikisan.

Menyambung apa yang disampaikan Kolonel Tony, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serpianus, S.IP., M.Si. yang hadir mewakili Bupati Nunukan mengatakan, wilayah Sebatik sebagai kawasan yang berbatasan pribadi dengan negara tetangga Malaysia memang berpotensi terjadinya banyak sekali tindak kejahatan. Dengan kehadiran Bakamla RI, harapannya biar sanggup menjaga perairan Nunukan dari banyak sekali gangguan.

Untuk mengedukasi masyarakat sekitar ihwal upaya pelestarian lingkungan yang diusung Bakamla RI dengan tema "Bakamla RI Bertekad Tingkatkan Layanan Publik Terhadap Masyarakat Pesisir serta Lestarikan Lingkungan Laut" maka digandeng pula Dinas Lingkungan Hidup dengan menghadirkan nara sumber Plh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Joned, S.Hut., dengan penyuluhan yang disampaikannya mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga mangrove yang ditanam pada hari ini. Dikatakannya, manfaat mangrove ini nanti yang akan mencicipi ialah masyarakat sekitar, sehingga harus ada kesadaran untuk ikut serta menjaga sehabis proses tanam selesai.

Kegiatan tanam mangrove yang didukung pula oleh Satgas Marinir Ambalat XXIII dibawah pimpinan Kapten Marinir Yusuf Mukrom ini dihadiri pula oleh Anggota DPRD Nunukan Burhanudin, S. Hi, Sekcam Sebatik Timur Ramlan Napriyadi, S.Stp, Perwakilan Danlanal Nunukan Letnan Satu Laut Permadi, Kapolsek Sebatik Timur AKP Oman Purnama, Danpos Pamtas Pos Tanjung Aru Letnan dua Inf. Ade Danusyam, dan Sahruddin, SE selaku Kades Bukit Aru Indah.

Sementara itu penanaman mangrove itu sendiri dengan melibatkan banyak sekali komponen antara lain Satgas Marinir Ambalat XXIII, Mahasiswa UGM Yogjakarta, siswa dan santri Mutiara Bangsa, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan masyarakat Sebatik Desa Bukit Aru Indah.

Red

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demi Anak Sekolah, Kapolres Konawe Selatan Hibahkan Bus

Inilah Sosok Kapolres Konawe Selatan Yang Peduli Sosial Dan Pendidikan

Tiga Pilar Kecamatan Gropet Bersinergitas Sukseskan Jumat Sehat